Sabtu, 26 Desember 2009

OUTBOND....

Beberapa hari ini penulis ada kesibukan menyiapkan event untuk tahun baru 2010, dalam mengurus ijin lokasi untuk event tahun baru penulis membicarakan konsep-konsep wisata dengan mas Anto dari Dinas Pariwisata provinsi Bengkulu. Sampai pada akhirnya penulis diajak ke tempat permainan yang kalo di Bengkulu belum pernah ada, sebenarnya ditempat lain di Indonesia sudah 10 tahun yang lewat sudah ada. Outbond dikenal sebagai kegiatan outdoor yang menyenangkan, karena didalamnya terdapat konsep permainan yang bertujuan membangun kebersamaan, team building dan rasa percaya diri pada peserta.

Asal-asul outbond sendiri, berawal dari program pelatihan anak buah kapal salah satu pelayaran di Inggris. Pelatihan dilakukan tidak hanya di laut tetapi juga di darat yang berupa petualangan di alam, selama 26 hari.

Istilah awal yang diberikan untuk pelatihan tersebut adalah “County Badge”. Kemudian berubah menjadi Outward Bound. Istilah Outward bound inilah yang kemudian terus dipakai sampai hari ini. Istilah Outward Bound sendiri sudah dipatenkan, sehingga tidak semua orang boleh menggunakan istilah tersebut. Mungkin karena istilah Outward Bound sudah dipatenkan banyak orang kemudian menggunakan istilah 'outbound'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar